Jenis tenda dan Penggunaannya

Ada empat gaya dasar tenda yang ada di dunia ini atau yang sering digunakan oleh masyarakat, baik itu bentuk tenda membrane, canopy atau awning.

Tenda didukung tiang

Sebuah tenda yang dilengkapi satu set tiang individu diatur di bawah atap kain untuk mendukung dan menentukan bentuk struktur. Atap kain dikencangkan di kutub dan melekat pada tali dan / atau kabel di tempat yang ditunjuk di sekitar tepi kain itu. Tali / kabel berlabuh ke tanah menggunakan taruhan, augers atau bobot di sekeliling tenda. Tenda tiang-didukung adalah kakek dari industri tenda, dan dulunya satu-satunya jenis tenda yang tersedia. Meskipun mereka telah kehilangan tanah untuk desain baru, tenda tiang-didukung tetap populer di Amerika Serikat dan masih dianggap sebagai bagian penting dari kebanyakan persediaan sewa tenda. http://www.sunmetrocanopy.com

Pipa didukung frame

Sebuah tenda dengan kerangka dirakit terbuat dari aluminium atau baja pipa yang mendukung atap kain dan mendefinisikan bentuk struktur. Kerangka kaku memungkinkan tenda untuk berdiri bebas tanpa dukungan tambahan, tetapi membutuhkan tali atau kabel sistem penahan yang sama sebagai tenda tiang-didukung untuk menahannya di tempat, seperti yang ditentukan oleh api atau bangunan kode yang berlaku. Frame-didukung tenda pipa yang populer untuk acara yang membutuhkan tenda yang lebih kecil. Kebanyakan produsen membuat unit sekecil 10 kaki dengan 10 kaki yang mudah untuk membuat dan meruntuhkan. Mereka juga cocok untuk acara-acara kecil yang membutuhkan sedikit, jika ada obstruksi interior karena sistem rangka membuat interior mendukung tidak perlu. Frame-didukung tenda pipa tersedia dalam berbagai gaya dan ukuran.

Clearspan

Kotak-beam frame-didukung tenda (clearspan)
Suatu jenis tenda yang memiliki kerangka dirakit kotak balok (atau I-beam) yang mendukung lengkungan atap kain dan menentukan bentuk struktur dalam banyak cara yang sama sebagai bingkai didukung tenda pipa. Konstruksi kuat dari aluminium atau steelbox-balok bingkai membuat tenda ini cocok untuk aplikasi jangka panjang yang lebih besar atau daripada jenis lain dari tenda. Kerangka kotak-beam juga memungkinkan untuk daerah besar terhalang “jelas span” ruang bawah atap kain. Struktur yang lebih besar membutuhkan peralatan berat karena ukuran dan berat bagian mereka. Populer di Eropa, tenda ini datang dalam lebar mulai 40-200 kaki lebar.

http://centralcanopyawning.com/tenda-membrane-praktis-elegan.html

Tenda tarik

Suatu jenis tenda yang berbagi karakteristik dengan tenda tiang-didukung, tetapi lebih bergantung pada penegang dari atap kain untuk integritas dan bentuk struktural. Penggunaan kain dikencangkan untuk menahan beban terapan dan membentuk membran kain berarti kurang dari struktur pendukung tradisional diperlukan untuk mempertahankannya. Salah satu yang lebih desain tenda modern, tenda tarik cenderung lebih lengkung dan terpahat dalam penampilan daripada tenda tradisional. Jenis tenda dapat diproduksi secara massal atau dirancang khusus sesuai kebutuhan.

Nah itulah sedikit tentang Jenis tenda dan Penggunaannya.

Sumber http://www.sunmetrocanopy.com/membrane/tenda-membrane-bukan-sekedar-payung-promosi